Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

CS Pustaka
● online
CS Pustaka
● online
Halo, perkenalkan saya CS Pustaka
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Ahad & Hari Besar Tutup
Beranda » Blog » Beginilah Cara Ampuh Melawan Sifat Sombong Dalam Diri Kita

Beginilah Cara Ampuh Melawan Sifat Sombong Dalam Diri Kita

Diposting pada 19 Januari 2023 oleh Admin 2 / Dilihat: 39 kali / Kategori:

Pustaka Al-Bahjah, Cirebon – Sombong merupakan sebuah sifat tercela dimana seseorang memandang orang lain lebih rendah dan hina, dan hanya dirinya yang lebih unggul dan lebih besar dari orang lain. Biasanya sifat sombong ini muncul ketika kita bertemu dengan orang yang lebih kurang daripada kita dari segi harta, ilmu, maupun amal. Sebagai seorang muslim lantas bagaimanakah kita menghadapi adanya sifat sombong ini?

Menurut Buya Yahya, setiap manusia sejatinya memiliki benih-benih kesombongan di dalam dirinya. Hal ini karena di dalam diri setiap manusia terdapat hawa nafsu. Maka dari itu sebagai seorang muslim hendaknya kita harus hati-hati sebab sifat sombong bisa muncul tiba-tiba tanpa disadari. Bahkan ketika ada seseorang mengatakan bahwa dirinya belum pernah sombong, hakikatnya dia telah sombong pada saat itu.

“Semua dari kita ada benih-benih kesombongan, karena didalam diri kita ada hawa nafsu. Maka kalau orang ngomong ‘saya belum pernah sombong’ berarti dia telah sombong saat itu,“ ujar Buya.

Karena benih-benih sifat sombong ini ada di dalam hati setiap manusia, maka cara pandang yang tepat dalam menghadapi sifat sombong ini adalah kita semua berusaha untuk memerangi sifat ini tiada henti. Selagi di dalam diri kita terdapat hawa nafsu dan juga syaitan terus menerus membisikan keburukan, maka selama itu pula kita harus terus berjuang melawan sifat sombong ini.

“Yang benar adalah kita semua memerangi penyakit itu tidak ada hentinya, berjuang tidak ada habisnya. Selagi di dalam diri kita masih ada hawa nafsunya dan setan selalu membisikan keburukan kedalam hawa nafsu kita, maka kita terus berjuang,” pesan Buya.

Sumber Gambar: Youtube Al-Bahjah TV

Maka kemenangan sejati seorang muslim bukanlah menghilangkan benih-benih sombong yang ada di dalam hatinya, namun kemenangan sejati adalah kemenangan dalam perjuangan melawan sifat sombong tersebut. Kemenangan dalam melawan hawa nafsu termasuk di dalam nya sifat sombong inilah yang kemudian menyebabkan manusia bisa memiliki derajat yang lebih tinggi dari malaikat sekalipun.

“Kemenangan kita adalah didalam perjuangan itu. Sehingga manusia itu dikatakan kalau dia memiliki keseriusan dalam memerangi hawa nafsu, melampaui kejayaan malaikat.”

Buya menjelaskan bahwa cara paling mudah memerangi hawa nafsu adalah dengan cara spontan. Seperti dalam kisah seorang alim bernama Syekh Mutawalli Asy-Sya’rawi. Pada suatu ketika, Syekh Mutawalli merasakan ada benih-benih kesombongan terlintas di dalam hatinya, sebab pada masa tersebut ia begitu dielu-elukan dan disanjung oleh banyak orang.

Tiba-tiba Syekh Mutawalli menghilang, dan para jamaahnya lantas mencari beliau. Setelah dicari ke berbagai tempat rupanya beliau pergi ke kamar mandi dan di dalam kamar mandi tersebut ia melepas baju dan membersihkan kamar mandinya. Setelah ditanya kemudian beliau menjelaskan bahwa beberapa waktu sebelumnya telah muncul benih-benih sombong di dalam hatinya sehingga ia melakukan hal tersebut untuk membersihkan hatinya dari sifat-sifat sombong tersebut.

Free photo full shot of boy cleaning the ground

Hikmah dari kisah Syekh Mutawalli tersebut adalah ketika kesombongan mulai terasa memasuki hati kita maka bersegeralah melawannya dengan sesuatu yang bertentanga dari sifat sombong tersebut secara spontan. Jangan sampai sifat sombong tersebut kita biarkan terlalu lama hinggap di hati kita.

“Langsung dilawan seketika dilawan kebalikannya, jangan ditunda. Supaya kita membiasakan hawa nafsu kita setiap mau begitu langsung kita pangkas,” pungkas Buya.

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk terhindar dari berbagai sifat yang dibenci oleh Allah Swt, khususnya sifat sombong ini.

 

Sumber: Youtube Al-Bahjah TV

Tags: , , ,

Bagikan ke

Beginilah Cara Ampuh Melawan Sifat Sombong Dalam Diri Kita

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Beginilah Cara Ampuh Melawan Sifat Sombong Dalam Diri Kita

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: